News Update18 Juni 2015 12:35:03: PERJUSA SMAK PENABUR CIREBON

Senasib Sepenanggungan / PELANTIKAN BANTARA SMAK PENABUR CIREBON

Bookmark and Share
09 Januari 2018 - 13:42:11 Posted by mikhanugroho / Kategori : Pengumuman / Hits : 258
Senasib Sepenanggungan / PELANTIKAN BANTARA SMAK PENABUR CIREBON

Senasib Sepenanggungan

-Pelantikan Bantara SMAK Penabur Cirebon Angkatan 2017-

Pendidikan karakter sangatlah dibutuhkan bagi siswa/i pada saat ini. Tentu saja hal itu banyak ditemui dalam kegiatan pramuka. Maka dari itu, Pangkalan SMA Kristen Penabur Cirebon mengadakan pelantikan bagi para calon bantaranya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dua malam. Tepatnya dari tanggal 22 September sampai dengan 24 September 2017 (Jumat-Minggu). Sebanyak 18 orang calon bantara mengikuti pelantikan ini. Yang terdiri dari 9 orang calon bantara putra dan 9 orang calon bantara putri. Pangkalan SMA Kristen Penabur Cirebon memiliki dua ambalan, yaitu Arjuna untuk ambalan putra dan Srikandi untuk ambalan putri. Pelantikan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi SMA Kristen Penabur Cirebon.

Sebelum dilantik para calon bantara ini telah melalui proses yang panjang mulai dari wawancara, latihan rutin tiap minggunya, serta mengisi SKU (Syarat Kecapan umum). SKU ini wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka sebagai prasyarat untuk mendapatkan tanda kecakapan umum serta syarat untuk dilantik. Dengan mengisi SKU diharapkan nantinya para calon bantara ini dapat benar-benar mendalami teknik-teknik maupun sejarah kepramukaan. Proses awal sebelum dilantik melatih para calon bantara untuk tekun dan ulet dalam menggapai sesuatu.

Hari pertama kegiatan pelantikan bantara dilakukan di lingkungan sekolah. Diawali dengan upacara pembukaan di aula. Pada malam pertama, tiap calon bantara memecahkan sandi kotak yang akan menuntunnya untuk menemukan pos-pos yang tersebar di beberapa tempat di dalam sekolah. Perjalanan dari pos satu ke yang lain tidaklah mudah karena harus menghadapi gelapnya malam tanpa penerangan sedikitpun. Pos-pos yang tersedia menggali pengetahuan para calon bantara tentang sejarah dan dunia kepramukaan.

Keesokkan paginya, seperti biasa diadakan renungan pagi. Kemudian para calon bantara diberikan sejumlah uang. Uang itu dipergunakan untuk membeli sarapan serta bahan makanan di pasar, yang akan dibawa ke lokasi perkemahan. Setelah semuanya siap, para calon bantara beserta para kakak pendamping berangkat menuju Bumi Perkemahan Resort Sangkanhurip menggunakan mini bus. Sesampainya di sana, para calon bantara ditugaskan untuk mendirikan tenda, gapura, dan tempat sepatu bagi masing-masing ambalan. Selesai melakukan tugas, para calon bantara merapihkan barang bawaannya lalu dilanjutkan dengan kegiatan memasak untuk makan siang. Setelah itu, para calon bantara menjelajahi hutan dan melakukan beberapa games untuk menguji solidaritas serta ketangkasan dalam menghadapi suatu masalah.

Kumpulan awan hitam menghalangi jalannya sinar sang surya, hujan deras turun mengguyur tanah perkemahan di sore hari, tepat disaat para calon bantara sedang menyiapkan makan malam. Berbondong-bondong para calon bantara bahu-membahu membantu satu sama lain menyelamatkan barang-barang yang terdapat di luar tenda. Ditemani derasnya hujan yang terus menghujam, para calon bantara melanjutkan kegiatan memasaknya di dalam tenda. Namun, tenda sangga putri yang digunakan untuk memasak perlahan roboh. Para calon bantara putra dengan sigap membantu calon bantara putri mengevakuasi barang-barang yang terdapat di dalam tenda. Dari kejadian ini, diambil motto “Senasib Sepenanggungan”. Para calon bantara tidak membiarkan kesusahan menjadi beban perorangan saja tapi beban bersama. Karena hujan tak kunjung reda, kegiatan api unggun pun ditiadakan digantikan dengan bercengkrama di balik gazebo. Kemudian para calon bantara bergegas tidur.  

Ditengah gelapnya malam, para calon bantara dibangunkan untuk mengikuti upacara pelantikan. Pelantikan dilakukan dengan sangat hikmat diiringi lagu syukur. Satu per satu calon bantara dilantik menjadi seorang bantara. Dilanjutkan dengan pengucapan janji kepada Pangkalan SMA Kristen Penabur Cirebon. Balok bantara yang sekarang ada di pundak masing-masing bantara bukanlah hiasan semata ataupun barang yang bisa dengan mudah didapatkan. Penuh dengan pengorbanan untuk mendapatkannya. Sehingga diharapkan para bantara generasi ke-3 ini dapat mengamalkan hal-hal yang telah didapat mulai dari rasa simpati, empati, sopan santun, pantang menyerah, tekun dan ulet.  Diharapkan juga dapat terus mengembangkan kepramukaan SMA Kristen Penabur Cirebon. Jayalah Pramuka! Jayalah Indonesia! Salam Pramuka!  (TVK


Info Terkait


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 112 + 2 = ?
Banner
Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019, Dimulai!
PPDB SMAK PENABUR Cirebon: Hanya Pilihan Pertama
Coaching Clinic Basket bersama Satria Muda Pertamina
Jalur Prestasi di MIT untuk MG
EDU FEST 2018
GLORIOUS NIGHT
GLORIOUS NIGHT
Online Support
Kepala Sekolahubrowsb
Administratoryohanesiskadarno
Tata Usahacs2
Chatting
Statistik Member
Member:379 Orang
Member Aktif:379 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:2
Total Pengunjung:186004
Total Hits:923015